Makanan yang dilarang dan dianjurkan untuk Ibu Hamil



Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil

Wanita hamil dan menyusui harus betul-betul menjaga makanannya. Wanita hamil juga harus betul-betul mengetahui jumlah kalori dan gizi yang diperlukan oleh ibu hamil. Tidak semua makanan yang dimakan oleh ibu hamil adalah makanan yang mengandung gizi. Bisa saja ibu berpikiran bahwa makanan yang dimakannya adalah makanan yang bergizi namun ternyata makanan itu tidak bergizi.

Padahal makanan bayi tergantung pada makanan ibunya. Semua makanan yang dimakan oleh ibu juga diserap sarinya oleh bayi. Banyak orang mengartikan bahwa plecenta mempakan pelindung bayi dari zat-zat berbahaya yang dibawa oleh sang ibu, namun pendapat itu salah sebab apapun yang dimakan ibu diserap pula oleh sang bayi.

Gizi yang tidak baik pastinya akan berpengaruh buruk pada bayi. Sebab makanan yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil merupakan nutrisi penting bagi perturnbuhan dan perkembangan janin. Semakin buruk nutrisi untuk sang buah hati semakin buiuk pula nutrisi yang diterima janin. Dan tentu saja semakin baik nutrisi untuk si janin semakin baik pula nutrisi yang diterima janin.

Beberapa gizi yang diperlukan oleh ibu hamil adalah :

1. Bahan makanan yang mengandung karbohidrat
Bahan dasar mentah yang termasuk ke dalam golongan ini adalah beras, ubi atau ketela merah, singkong, jagung, gandmn, sagu, madu; dan gula. Bahan dari karbo- hidrat yang kita butuhkan tubuh berbentuk tiga macam yaitu gula, zat tepung (pati) dan serat.

Kegunaan karbohidrat perlu untuk energi, mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan lain. Bahan makanan tersebut diserap dalam sel tubuh mengalami proses pencernaan sehingga menghasilkan zat paling sederhana dan serap diserap yaitu glukosa. Di dalam tubuh karbohidrat yang seudah disederhanakan akan digunakan sebagai energi dan bila energi sudah tercukupi maka akan tersimpan di dalam otot dan di hati berbentuk insulin. Kebutuhan untuk orang biasa adalah sebanyak enam hingga sebelas takar per hari. Sedangkan untuk ibu hamil porsinya sembilan porsi perhari.

2. Kelompok protein

Protein dikelompokan menj adi dua golongan berdasarkan sumbemya yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan sedangkan protein nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan. Contoh dari protein nabati adalah kacang-kacangan. Sedangkan hewani adalah telur, daging dan ikan. Daging biasanya paling di gemari, sebab rasanya sangat gurih dan lezat. Takaran daging untuk orang biasa adalah dua hingga tiga porsi perhari. Begitu juga untuk orang hamil.

3. Kelompok lemak

Lemak pun dibedakan menjadi dua macam yaitu lemak hewani yang berasal dari hewan dan lemak nabati berasal dari tumbuh tumbuhan. Lemak berfungsi sebagai bantalan tubuh terhadap benturan iisik, isolator dan pengaruh udara dingin serta pelarut vitamin a,d, e, dan k. Sumber bahan yang mengandung lemak antara lain: telur, susu, keju, mentega, kacang tanah, alpukat dan kemiri. Susu merupakan zat yang baik bagi tubuh. Mengandung banyak sekali kalsium, protein, mineral dan gizi lain. Untuk ibu hamil susu sangat diperlukan oleh tubuh. Dalam satu hari ibu hamil harus mengonsiunsi 2-3 gelas.

4. Vitamin

Vitamin merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin. Beberapa macam vitamin adalah :

Vitamin a
Alpukat mentega, ikan beriemak, seperti ikan haring, sarden dan tuna; minyak ikan; produk susu;wortei, tomat, koi, bayam dan kubis brussel

Vitamin b1
Daging segar, hati, bekatui, susu

Vitamin b2
Beras pecah, kuning telur, susu

Vitamin b6
Jagung, daging, ikan, telur, susu

Vitamin b12
Hati, ikan, susu

Vitamin c
Susu kaleng, buah dan sayur, terutama
Buah jeruk, kismis hitam, arbei, tomat,
Kentang, sayuran hijau

Vitamin d
Minyak ikan, ikan berlemak, produk susu.
Tubuh bisa membuat vitamin d ketika
Terpapar pada sinar matahari

Vitamin e
Benih gandum, padi dan biji gandum,
Kacang tanah, biji-bijian, polong, sayuran
Hijau

Vitamin k
Bayam, kembang koi, buncis dan serealia

5. Mineral

Mineral berfungsi sebagai pelindung dan pengatur kerja organ tubuh. Macam-macam mineral antara lain kalsium, besi, phospor, yodium, flour, kalium dan natrium. Semua berguna bagi tubuh kita. Berbagai macam bahan makanan yang mengandung mineral seng antara lain: jeroan, daging sapi, biji-bijian, kacang-kacangan, wortel dan kentang.

6. Sayuran

Wanita hamil membutuhkan sayuran karena sayuran segar mempunyai gizi dan serat yang baik. Tapi perlu diingat dalam memilih sayuran. Memilih sayuran yang segar merupakan langkah yang paling baik imtuk mendapatkan gizi dan serat dari sayuran tersebut.`sayuran yang telah dikeringkan dan dikaleng temyata gizinya sudah rusak sebab mengalami pengolahan dengan tambahan gula dan garam. Contoh sayuran yang dapat diolah yaitu sayuran berdaun hijau (bayam, brokoli, kangkung, selada), sayuran berwarna kiming tua (wortel, ubi), sayuran seperti jagung, kentang. Untuk orang biasa membutuhkan tiga porsi sayuran. Sedangkan untuk ibu hamil membutuhkan minimal porsi sehari.

7. Buah-buahan

Sumber vitamin a dan c adalah terdapat pada buah-buahan. Untuk orang biasa dibutuhkan dua hingga empat takar sehari sedangkan di masa hamil harus mengonsumsi tiga kali lipatnya.

8. Kalsium

Kalsium sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Sumber dari kalsium adalah teri, keju, yoghun dan susu, ikan kaleng, roti, sayuran hij au, almond, buncis dan ganggang laut. Sumber utama kalsium adalah susu. Jika ibu hamil tidak suka susu maka dapat diganti dengan makanan yang banyak mengandung kalsium selain makanan susu.

9. Zat besi

Dalam kehamilan kebutuhan akan zat besi meningkat dua kali lipat. Sebab ia harus memenuhi kebutuhan zat besi untuk bayi dan dirinya sendiri. Kekurangan zat besi bagi ibu hamil dapat menyebabkan anemia sehingga suplai oksigen untuk janin berkurang.
Sumber zat besi antara lain terdapat di hati sapi, ginjal, daging sapi, unggas, ikan, kedelai, kerang, buah, kuning telur, sari gandum, kacang, dan sirup gula. Zat besi akan cepat diserap tubuh jika dikonsumsi dengan yang banyak kandungan vitamin c-nya. Maksudnya jika anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi alangkah baiknya jika anda juga merninwn jus jeruk satu gelas.
 biasanya ibu hamil diberi suplemen zat besi oleh dokter. Hal itu tidak ada masalah jika dikonsumsi. Namun perlu diperhatikan jangan mengonsumsi zat besi dengan suplemen lainnya.

10. Asam folat

Asam folat sangat diperlukan oleh ibu hamil. Jika anda kurang mengonsumsi asam folat maka akan mengakibatkan kelainan syarafpada bayi. Sebab ibu hamil membutuhkan sekitar 400 mjkrogram asam folat. Sumber asam folat yang baik adalah hati, buncis, semangka, jus jeruk, brokoli dan sayuran berwarna hijau.

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil

1. Kafein

Pada ibu hamil mengonsumsi kafein memang tidak membahayakan selama tidak minuman yang berlebihan. Namun dokter menyarankan ibu hamil untuk dapat menghindari minuman atau makanan yang mempunyai kandungan kafein. Menurut para ahli konsumsi kafein yang tidak wajar maka dapat menggugurkan bayi atau kelainan pada bayi.

Kafein yang dikonsumsi saat kehamilan dalam masuk ke dalam darah janin. Selain itu kafein j uga akan meningkatkan detak jantung, sulit tidur, perasaan cemas, sakit kepala kepala, kehilangan kalsium dan juga menyebabkan rasa perih atau panaslbu hamil hanya dianjurkan untuk mengurangi kafein sebanyak 200 mg per hari.

2. Minum minuman berakohol

Jika anda alkoholic maka hentikanlah. Sebab alkohol dapat menimbulkan kecatatan hsik maupun psikis bayi dalam kandungannya yang dikenal dengan nama fas ( fetal alcohol syndrome) dan fae (fetal alcohol ef fects).

Alkohol dapat menembus dinding rahim ibu dan masuk dalam j anin. Hal tersebut yang menyebabkan alkohol dapat membuat janin tidak sehat. Oleh sebab itu maka hindarilah minuman alkohol agar bayi anda tetap sehat dan terjaga.

3. Makan buah durian

Ibu hamil tidak dianj urkan makan buah durian selama kehamilan. Walupun hanya sedikit. Sebab buah durian dapat merangsang konstraksi sehingga dapat memicu keguguran. Apalagi dikonsumsi saat kehamilan muda. Jika anda mengidam durian maka anda tetap harus menghindari buah durian. Usahakan jangan makan buah tersebut, namun cukup hanya mencium bau aromanya saja.
(Sumber : Dra. Pujiastuti,M.Si - Panduan Ibu Hamil & Bayi)

4. Makan daging dan ayam yang dimasak kurang matang.

Makan daging mentah seperti sushi dan daging yang dimasak kurang mentah dapat mengandung tokso plasmosis. Hal ini tentu membahayakan janin. Tokso plasmosis adalah parasit yang dapat menimbulkan infeksi serius pada janin. Sedangkan pada daging ayam dan telur terdapat salmonella sp yang dapat menyebabkan diare berat pada ibu hamil. Jika ingin bayi anda sehat dan tidak terinfeksi virus maka anda harus menjaga kebersihan dengan selalu mencuci daging sebelum dimasak dan masak hingga masak betul.

5. Mengonsumsi obat tanpa petunjuk dokter

Ibu hamil memang harus hati-hati dengan obat yang diberikan tanpa adanya resep dari dokter. Sebab obat yang dikonsumsi ibu hamil dapat masuk ke dalam placenta dan dan sirkulasi janin. Banyakvobat yang boleh dikbnsumsi oleh ibu hamil. Namun obat tersebut harus mendapat resep dari dokter. Sebab dokter yang tahu apakah obat tersebut bagus bagi janin atau dapat membayakan janin.

Jika ibu meminum sembarang obat ditakutkan akan membuat janin berma salah. Jika seorang ibu hamil sedang mengalami sakit maka dapat mempergunakan hal-hal yang alami. Misalnya jika sakit pilek dapat meminum sup yang panas sehingga dapat meredakan flu yang diderita ibu hamil.

6. Mengonsumsi zat-zat aditif

Zat ini tidak baik bagi perkembangan janin. Mengonsumsi permen yang banyak mengandung pemanis buatan merupakan hal yang harus dihindari ibu hamil. Sebab gula buatan akan membelikan efek resiko kanker kemih. Kanker ini diakibatkan oleh penimbunan gula sintesis dalam kandung kemih janin.

Berolahragalah sewaktu hamil

Olahraga memang sangatlah dianj urkan untuk ibu hamil. Mengapa demikian? Sebab jika ibu hamil melakukan olahraga maka sirkulasi darah menjadi baik. Nafsu makan juga akan bertambah. Biasanya ibu hamil akan tidak senang makan karena morning sicknes. Mungkin dengan olahraga dapat mengurangi rasa mual di perut. Dengan olahraga juga akan memperbaiki pencemaan di tubuh. Sehingga ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak. Biasanya ibu hamil j arang bisa tidur dengan nyenyak. Mungkin karena badannya yang mulai membesar. Dengan olahraga ini akan membuat tubuh menj adi lebih nyaman.la1u olahraga apa yang dianjurkan?

Yang paling mudah dan sering dilakukan adalah olahraga jalan pagi. Ini dapat dilakukan dengan mengajak suami. Usahakan berjalan-jalan sebelum matahari muncul. Selain itu ibu harus menggerakan badan dan tangan. Ibu juga dapat mengerjakan pekerjaan rumah sekaligus berolahraga. Ini dapat dilakukan dengan menyapu dan mngepel. Dari gerakan menyapu dapat menggerakkan kaki dan tangan. Sedangkan dari gerakan mengepel ibu dapat menung- ging. Gerakan menungging ini sangat diperlukan saat kehamilan karena membuat bayi tidak sungsang.

Selain olahraga yang disebutkan diatas, ibu juga bisa melakukan olahraga seperti berdiri lalu jongkok. Namun ibu tidak usah melompat. Cukup dengan berdiri lalu jongkok. Ibu juga bisa melatih pernafasan dan melakukan olahraga tidur. Yaitu dengan melakukan gerakan tidur. Apa itu gerakan tidur?  Gerakan tidur telentang lalu mengangkat kaki dan perut. Namun ibu hamil harus berhati-hati untuk melakukan ini. Ibu hamil juga bisa mengikuti senam hamil. Di klinik bersalin atau rumah sakjt banyak yang menawarkan senam hamil.

Artikel diambil dari: http://www.hamildankehamilan.com/2015/06/makanan-yang-dianjurkan-dan-dilarang.html

0 comments: