Rekomendasi Daftar Makanan Bagi Ibu Hamil Muda



Makanan yang baik untuk ibu hamil muda selalu menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang ingin memiliki janin dan bayi yang sehat. Sebab jika tidak, akan beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan.

Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga dapat berkembang dengan baik. Seringkali pada usia kehamilan yang masih muda anda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan.

Lantas bagaimana makanan yang sehat untuk ibu hamil muda? 

Pada ibu hamil muda bukan berarti harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak akan tetapi memperhatikan kualitas dari makanan yang anda konsumsi.

Pengaturan makanan yang anda konsumsi harus tepat sasaran yaitu disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, kebutuhan dan perkembangan janin.Terlebih bagi awal kehamilan dimana perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda.

Dilansir dari kesehatanmuslim.com, dr. Raehanul Bahraen menjabarkan, beberapa hal ringkas yang perlu diperhatikan,terkait makanan untuk ibu hamil:

1 bulan termasuk dalam trimerter pertama ( 3 bulan pertama). 
Fase ini sangat penting diperhatikan karena awal-awal pertumbuhan awal janin dan pembentukan organ. Makanan perlu diperhatikan pada fase ini karena wanita juga terkadang terkena mual-muntah (morning sickness) yang membuatnya sulit untuk makan dengan benar.

Makanan yang perlu dihindari pada fase ini:
1. junk food misalnya gorengan dipinggir jalan (minyaknya sudah banyak dipakai)
2. makanan olahan (instan)
3. makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih
4. makanan yang bisa merangsang perncernaan berlebih seperti terlalu pedas, banyak lemak dan lain-lain

Makanan yang dianjurkan:
1. makanan yang mengandung protein
2. buah-buahan
3. sayuran dan biji-bijian
4. susu serta lemak sehat
5. nutrisi yang penting adalah asam folat untuk perkembangan otak janin di trimester pertama. Bisa didapat dari sayuran hijau, biji-bijian atau dari suplemen.

Sumber lainnya menyebutkan, adapun contoh panduan makanan yang dapat anda gunakan pada kehamilan trimester pertama adalah sebagai berikut :

1. Sarapan.
Jus Buah
Nasi Goreng
Telur mata sapi
Susu / susu khusus kehamilan

2. Makan siang.
Nasi
Sayur Bening
Ikan bumbu kuning
Tempe goreng
Buah Jeruk

3. Makan Malam.
Nasi
Bistik
Bakwan Jagung
Selada Buah
Susu (menjelang tidur)

Berikut 10 Buah yang Aman dan Baik untuk Ibu Mengandung

Buah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. karena buah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Akan tetapi, tidak semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi ibu oleh hamil. Ada beberapa jenis buah-buahan yang jutsru harus dihindari.
Sebagian besar wanita khawatir untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya dan nanas karena dianggap berbahaya bagi kehamilan. Lalu, buah apa saja yang boleh dikonsumsi saat hamil? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita lanjut baca!

1. Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

Buah alpukat atau avocado, merupakan buah yang berasal dari Amerika tengah dan Meksiko. Selain enak, buah ini juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Di bidang kecantikan, buah ini biasa digunakan untuk memutihkan kulit. Karena dalam buah tersebut terkandung vitamin A yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan asam amino glutamin yang dapat melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari.

Lalu, apa hubungan buah alpukat dengan ibu hamil? Apakah buah alpukat baik dikonsumsi oleh ibu hamil? Mari kita bahas! Buah alpukat kaya akan asam folat yang dibutuhkan selama perkembangan janin pada masa kehamilan. Asam folat sendiri berperan dalam membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin.

Pada masa awal kehamilan, Anda membutuhkan asam folat dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, mengkonsumsi buah alpukat merupakan salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam buah tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi mual muntah pada saat hamil.

2. Manfaat Buah Mangga bagi Ibu Hamil
Buah mangga termasuk buah yang baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, buah mangga dapat dapat meperlancar penceranaan. Kandungan Vitamin A dan C dalam buah tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah mangga juga dapat mencegah dan mengatasi gejala morning sickness, dan kesulitan BAB yang biasa dialami wanita hamil.

3. Manfaat Anggur Bagi Ibu Hamil

Mungkin Anda termasuk ibu hamil yang lebih memilih untuk tidak mengkonsumsi buah anggur selama masa kehamilan. Padahal, anggur kaya akan Vitamin A yang dapat membantu menstabilkan tingkat metabolisme. Selain itu, buah anggur juga memiliki folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik selama kehamilan. Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan.

4. Manfaat Jeruk Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah jeruk untuk kehamilan hampir sama dengan buah mangga diantaranya yaitu dapat mengurangi mual, morning sickness dan masalah kesehatan yang biasa dialami selama kehamilan. Buah jeruk yang sarat dengan antioksidan yang baik untuk bayi.

5. Manfaat Lemon untuk Kehamilan

Lemon adalah salah satu jenis buah jeruk yag juga bermanfaat bagi kehamilan. Bagi beberapa orang, buah ini biasa digunakan untuk program diet. Sedangkan bagi ibu hamil, lemon sering digunakan oleh perempuan untuk membantu pencernaan, menyingkirkan mual dan sakit pagi selama kehamilan. Selain itu, lemon dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

6. Mengatasi Sembelit Saat Hamil dengan Pisang

Wanita hamil biasanya akan mengalami sembelit. Karena sembelit merupakan salah satu penyakit yang umum dialami saat kehamilan. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda dapat mengkonsumsi buah pisang.

7. Manfaat buah Beri untuk Kehamilan

Buah Berri (bluberry, blackberry, rasberry, strawberri) adalah buah super yang kaya antioksidan dan dianggap. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini. Walaupun mungkin buah ini cukup untuk didapat.

8. Manfaat Buah Apel Bagi Ibu Hamil

Apel sangat sehat dan sarat dengan vitamin sehat yang baik untuk tubuh. Buah ini juga baik untuk ibu hamil, karena mengandung banyak vitamin dan anti oksidant. Selain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, buah ini dapat menjaga berat badan agar tetap terkontrol. Jadi, dengan mengkonsumsi buah apel anda bisa memenuhi asupan gizi sambil menjalani diet sehat.

9. Leci

Leci adalah buah musim panas yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Karena buah ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

10. Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena buah ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan, mengatasi mual muntah dan meningkatkan sistem imunitas tubuh ibu hamil.

Artikel dikutip dari http://palembang.tribunnews.com/2015/08/05/inilah-daftar-makanan-pilihan-bagi-ibu-hamil-muda-agar-janin-tetap-sehat?page=3

0 comments: