Awas! Ada Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil dan Balita, Baca Deskripsi Produk dengan Teliti!



Sejumlah produk seperti wafer dan sirup mencantumkan larangan di konsumsi balita dan bumil. Kandungan pemanis buatan menjadi salah satu alasan mengapa beberapa produk berikut perlu dihindari oleh ibu hamil / menyusui dan bayi usia dibawah 5 tahun.

1. Untuk ibu hamil


Cek komposisi bahannya sebelum meminum

Sebuah penelitian Statens Serum Institut di Copenhagen, Denmark, mengungkapkan bahwa ada hubungan antara konsumsi pemanis buatan dengan kelahiran prematur.

Menurut salah satu peneliti, Dr. Thorhallur I Halldorsson, pemanis buatan seringkali bersembunyi di balik produk kemasan berlabel sehat atau minuman diet yang mengandung soda.

Kandungan pemanis buatan inilah yang seringkali memicu tekanan darah tinggi pada wanita hamil dan meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Penelitian ini menemukan fakta bahwa wanita hamil yang minum satu porsi soda per hari memiliki risiko 38 persen lebih tinggi untuk melahirkan prematur dibanding mereka yang tidak mengonsumsi soda sama sekali.

2. Untuk anak di bawah 5 tahun



Ada petunjuk tak boleh dikonsumsi balita

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mendengar hasil penelitian beberapa waktu lalu dari Lembaga Konsumen jakarta (LKJ) bahwa 9 jenis makanan dari 48 jenis makanan khususnya makanan anak-anak, menggunakan pemanis buatan yang efek negatifnya dapat mempengaruhi syaraf otak dan penyakit ganas seperti kanker.

Uji laboratorium dari 9 jenis makanan tersebut terdapat kandungan aspartame, sakarin, dan siklamat. Di negara Eropa penggunaan bahan-bahan tersebut sudah lama dilarang. Memang mengerikan sekali jika bahan yang membahayakan tubuh tersebut itu ternyata ada di makanan anak seusia balita!

3. Untuk ibu menyusui



Lagi-lagi baca kandungan bahan dengan teliti

Begitu juga untuk ibu menyusui, karena apa yang dikonsumsi ibu akan menjadi bahan apa yang dikonsumsi bayi melalui asi. Karenanya bagi ibu menyusui tidak disarankan tidak meminum atau memakan jajan yang mengandung pemanis buatan terlalu sering, karena efeknya bisa saja terjadi pada bayi.

4. Hati2 dengan minuman rasa jeruk dengan pemanis buatan



Sebagian artikel dikutip dari: https://www.brilio.net/news/awas-ada-makanan-yang-tak-dianjurkan-untuk-balita-dan-bumil-teliti-150710k.html

Dan ditambahkan oleh redaksi BabyRabbit sebagai informasi bagi Moms.

0 comments: