Kiat menjaga hubungan yang erat antara ayah dengan anak



Sibuk mencari nafkah untuk keluarga terkadang menjadi alasan seorang pria menjadi kurang memiliki waktu bersama anak. Mungkin istri Anda dapat memaklumi hal itu, namun tidak demikan dengan anak. Bagaimanapun juga mereka membutuhkan perhatian yang utuh dari kedua orangtuanya.

Banyak pria di luar sana yang terlalu fokus mengejar karir dan harta, membuat mereka jauh dari anak. Jangan menjadi pria yang seperti itu. Meskipun sibuk, Anda harus mengutamakan hubungan Anda dan anak. Jangan sampai anak merasa asing terhadap Anda dan begitupula sebaliknya.

8 hal berikut ini perlu Anda lakukan agar meski di tengah kesibukan Anda dapat selalu menjaga kualitas hubungan dengan anak:

1. Selalu berkomunikasi meski tidak sedang bersama anak

Lakukan komunikasi yang rutin dengan anak setiap saat. Di sela kesibukan Anda, tetap sempatkan waktu untuk menelepon anak, menanyakan kabar dan kegiatannya, sudah makan atau belum, dan lain sebagainya. Sehingga Anda selalu tahu kabarnya dan dia dapat merasakan perhatian Anda.

2. Menyempatkan waktu untuk makan bersama anak

Usahakan untuk membiasakan sarapan pagi atau makan malam bersama anak. Kesempatan itu dapat Anda manfaatkan untuk saling bertukar cerita, atau bertukar pikiran untuk hal-hal mendatang. Melakukan hal ini dapat menciptakan 'bonding' erat antara Anda dan anak.

3. Mendengarkan keluh kesah anak

Disaat anak ingin bercerita kepada Anda, jangan pernah menolaknya. Misalnya saat Anda sibuk menelepon dan anak datang untuk bercerita, jangan bilang Anda tidak bisa diganggu. Alih-alih katakan padanya untuk menunggu dan setelah Anda memiliki waktu, tepati janji Anda untuk mendengarkan ceritanya. Dengan selalu berusaha menjadi pendengar setia bagi anak di tengah kesibukan Anda, percayalah bahwa anak akan tahu bahwa Anda sangat peduli dan perhatian padanya.

4. Sempatkan untuk menemani anak bermain

Jika Anda dapat pulang ke rumah lebih awal, sempatkan diri Anda untuk menemani anak bermain. Ini dapat membuat Anda dan anak semakin kompak. Lelah Anda pun dapat terbayar saat melihat anak bahagia.

5. Dampingi anak saat mengerjakan 'PR'
Tidak hanya menemaninya bermain, jika anak perlu ditemani belajar maka duduklah di sampingnya. Dampingi dan bimbing ia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

6. Bacakan dongeng sebelum tidur

Jika Anda pulang lembur dan melewatkan makan malam bersama anak, Anda dapat mengganti waktu yang terlewatkan dengan menemani anak tidur sambil membacakan buku cerita. Kesempatan ini setidaknya dapat membuat Anda dan anak dapat berbincang meski hanya sebentar.

7. Bekerja bakti bersama anak di akhir pekan

Ajak anak untuk bekerja bakti bersama di akhir pekan. Misalnya mencuci motor atau mobil bersama atau membersihkan rumah dan pekarangan bersama-sama. Dengan rutin melakukan kegiataan ini, maka kedekatan Anda dan anak dapat tetap terpelihara.

8. Pergi berekreasi atau berlibur bersama anak
Usahakan untuk pergi berekreasi atau berlibur ke tempat-tempat jauh dan menyenangkan bersama anak saat ada waktu liburan. Berlibur dapat membangun kualitas hubungan Anda sekeluarga dengan lebih baik. Jika merasa kesibukan kantor telah menjauhkan Anda dengan mereka, refresh kembali hubungan dengan merencanakan liburan bersama.

Artikel dikutip dari https://keluarga.com/5398/8-hal-ini-dapat-dilakukan-ayah-agar-tetap-dekat-dengan-anak-meski-sibuk-bekerja

0 comments: