10 Keuntungan dan Manfaat Memiliki Anak Lebih dari Satu



Apakah Parents baru memiliki satu anak? Sedang mengandung anak pertama? Atau sedang menimang-nimang ingin memiliki berapa anak nantinya? Dilansir dari New Age Pregnancy, ternyata memiliki anak lebih dari satu punya banyak manfaat tersendiri loh.

1. Ada saudara sulung di rumah

Anda akan memiliki asisten pribadi di rumah ketika sudah terlalu lelah mengurus pekerjaan rumah. Tidak akan menjadi masalah bila Anda ingin mengambil waktu istirahat sejenak, karena setidaknya beban lainnya telah diambil oleh si sulung yang sedang bertanggung jawab mengurus adik-adiknya.

2. Saling berbagi kasih sayang dan tanggung jawab

Memiliki anak lebih dari satu juga berarti Anda dapat membagi tugas dan tanggung jawab rumah kepada mereka. Misal, si sulung pergi ke luar rumah untuk membeli suatu kebutuhan. Sedangkan adik-adiknya di rumah dapat membantu Anda untuk mencuci piring atau menyapu lantai.

3. Memahami nilai sosial dan rasa hormat bersama

Dengan memiliki banyak saudara, para buah hati Anda akan memiliki seseorang untuk dijadikan teman bermain dan juga tempat untuk berbagi cerita bersama.

4. Saling melindungi satu sama lain

Sudah menjadi naluri dalam diri mereka masing-masing untuk saling menjaga satu sama lain, baik itu berhubungan dengan sekolah maupun di waktu bermain. Di samping dari kebiasaan mereka yang selalu bertengkar di rumah, mereka tetap akan saling melindungi saat salah satu dari mereka di-bully oleh temannya.

5. Saling memperkuat hubungan antar saudara

Anak-anak Anda akan cenderung sering membicarakan adik/kakak mereka kepada guru atau teman sebaya mereka. Menurut penelitian, jika Anda menyayangi seseorang, Anda akan cukup sering membicarakannya kepada orang lain. Hal ini secara psikologis membuktikan bahwa betapa dekat dan kuatnya hubungan para buah hati Anda.

6. "Less is more, more is less"

Memiliki banyak anak juga berarti memiliki banyak pengeluaran. Tetapi Anda dapat mengatasinya dengan membeli produk dengan paket ekonomis di mana Anda membeli suatu produk yang istilahnya "sekali banyak". Biasanya paket ini lebih murah dibandingkan jika Anda hanya membeli satuan.

Soal pakaian dan mainan, Anda tidak perlu khawatir untuk membeli yang baru. Hal ini dikarenakan seiring mereka tumbuh besar, barang-barang mereka bisa "diwariskan" kepada satu sama lain, mulai dari baju, tas, hingga sepatu.

7. Belajar untuk "multitasking"

Jika hanya memiliki satu anak, Anda akan cenderung mengabdikan waktu Anda hanya untuknya. Namun jika Anda menambah beberapa anak lagi, Anda akan belajar menjadi orang tua yang "multitasking". Anda tak hanya ingin memberikan yang terbaik kepada si sulung, tetapi tentu juga kepada adik-adiknya.

8. Anda tak hanya akan mendapatkan kasih sayang dari satu anak

Sudah menjadi suatu hal yang pasti bahwa Anda dan si kecil akan bertambah umur setiap tahunnya. Suatu saat, mereka perlahan akan meninggalkan Anda dan fokus dengan kehidupan mereka.

Di sinilah Anda tidak akan merasa kesepian, karena jika salah satu dari mereka telah pergi, tetap ada buah hati yang lain untuk menemani keseharian Anda.

9. Sebuah investasi yang baik

Dari sudut pandang ekonomi, anak adalah sebuah investasi. Seiring mereka semakin bertumbuh besar, mereka akan mampu untuk membantu keuangan Anda atau bahkan dapat melanjutkan bisnis keluarga.

10. Menambah canda dan tawa ke dalam keluarga besar Anda

Dengan banyaknya buah hati Anda, berarti juga akan menambah rantai keturunan keluarga besar Anda. Inilah bagian serunya, karena saat Anda berkumpul bersama keluarga besar pada saat hari raya, seluruh anggota keluarga akan saling berkumpul dan saling berbagi cerita.

Jadi, bagaimana Parents? Tertarik untuk memiliki anak lebih dari satu?

Artikel dikutip dari https://id.theasianparent.com/manfaat-memiliki-anak-lebih-dari-satu/

0 comments: