Buah yang Dilarang untuk Bayi Tahap MPASI Awal

Hasil gambar untuk orange and tomato

Hindari Jeruk dan Tomat pada MPASI Bayi 6 Bulan

Pengenalan cita rasa makanan kepada bayi bisa dilakukan ketika usianya 6 bulan. Salah satu makanan yang dapat Anda berikan adalah buah. Buah apa yang boleh dicicipi dan tidak boleh diberikan kepada buah hati tercinta?

Hindah Muaris, ahli kulinologi, mengatakan, buah pertama yang sebaiknya diperkenalkan adalah pisang ambon, alpukat, apel, dan pir.

Menginjak 7 bulan, Si Kecil boleh makan melon, semangka, dan pepaya. Setelah usianya 8 bulan hingga 1 tahun, ia boleh mencicipi anggur, tomat, dan jeruk. Ada sebagian ibu yang telah memberikan jeruk dan tomat sebagai buah pertama untuk Si Kecil ketika ia memulai MPASI di usia 6 bulan. Namun, buah ini ternyata dicurigai sebagai alergen atau pencetus alergi bagi bayi-bayi tertentu. Karena itu, sebaiknya berikan Si Kecil jeruk dan tomat bila usianya sudah lebih besar, yaitu 8 bulan ke atas.

Sedangkan buah yang tidak dianjurkan adalah nanas, durian, dan nangka. Ketiga buat tersebut mudah terfermentasi (mengeluarkan alkohol), sehingga tidak baik untuk sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Apapun buahnya, semua itu tergantung dari kemauan Si Kecil sendiri. Jika ia memang hanya mau makan 1 suap buah sehari, tidak masalah, karena di usia ini, buah hanyalah makanan pendamping untuk dikenalkan sejak dini.

Artikel ini diambi dari https://www.motherandbaby.co.id/article/2017/11/9/5125/Hindari-Jeruk-dan-Tomat-pada-MPASI-Bayi-6-Bulan

0 comments: