Informasi Tahap Kehamilan dari Minggu ke Minggu




Memiliki anak pertama adalah sebuah pengalaman baru terbaik yang dapat dialami oleh seorang calon ibu. Untuk itu calon ibu perlu dibekali oleh pengetahuan yang cukup mengenai perkembangan janin serta tahapan2 yang akan dilalui, sehingga proses kehamilan dapat dimonitor setidaknya secara umum hingga pada tahap persalinan.

Berikut adalah informasi tahap kehamilan dari minggu ke minggu yang dibagi ke dalam tiga trisemester, seperti yang dikutip dari BabyCenter.

Trimester Pertama
Setelah pembuahan dan implantasi, seorang bayi pada awalnya hanyalah sebuah embrio: dua lapisan sel dari mana semua organ dan bagian tubuh akan berkembang. Tumbuh cepat, bayi Anda akan segera seukuran kacang merah dan terus bergerak.

Jantung berdetak cepat dan usus terbentuk. Telinga, kelopak mata, mulut, dan hidung anak laki-laki atau perempuan Anda yang mulai tumbuh juga terbentuk.

2 minggu hamil
Ini minggu yang berpotensi mengubah hidup. Anda akan mengalami ovulasi, dan jika sel telur bertemu sperma, Anda akan segera menuju kehamilan!

Hamil 3 minggu
Bayi Anda adalah bola kecil - disebut blastocyst - terdiri dari beberapa ratus sel yang berkembang biak dengan cepat.

Hamil 4 minggu
Jauh di dalam rahim Anda, bayi Anda adalah embrio yang terdiri dari dua lapisan, dan plasenta primitif Anda berkembang.

5 minggu hamil
Embrio mungil Anda tumbuh seperti orang gila, dan Anda mungkin memperhatikan ketidaknyamanan kehamilan seperti payudara yang sakit dan kelelahan.
embrio pada 6 minggu

Hamil 6 minggu
Hidung, mulut, dan telinga bayi Anda mulai terbentuk. Anda mungkin mengalami morning sickness dan bercak.
embrio pada 7 minggu

7 minggu hamil
Bayi Anda - yang masih berupa embrio dengan ekor kecil - membentuk tangan dan kaki. Ukuran uterus Anda dua kali lipat.

Hamil 8 minggu
Bayi Anda terus bergerak, meskipun Anda tidak bisa merasakannya. Sementara itu, Anda mungkin membuat keputusan tentang tes kehamilan.

Hamil 9 minggu
Hampir satu inci panjang sekarang, bayi Anda mulai terlihat lebih manusiawi. Anda mungkin memperhatikan penebalan pinggang Anda.

Hamil 10 minggu
Bayi Anda telah menyelesaikan bagian paling penting dari perkembangan! Organ dan struktur tersedia dan siap tumbuh.

Hamil 11 minggu
Tangan bayi Anda akan segera membuka dan menutup ke kepalan tangan, dan tunas gigi kecil muncul di bawah gusi.

Hamil 12 minggu
Jari kaki mungil si kecil bisa mengeriting, otaknya tumbuh dengan hebat, dan ginjalnya mulai mengeluarkan urin.

Hamil 13 minggu
Ini minggu terakhir trimester pertama! Bayi Anda sekarang memiliki sidik jari yang sangat indah dan panjangnya hampir 3 inci.

Trimester Kedua

Pada awal trimester kedua, bayi memiliki panjang sekitar 3 1/2 inci dan beratnya sekitar 1 1/2 ons. Sidik jari kecil dan unik kini ada di tempatnya, dan jantung memompa 25 liter darah sehari. Seiring berlalunya minggu, kerangka bayi Anda mulai mengeras dari tulang rawan yang elastis menjadi tulang, dan ia mengembangkan kemampuan untuk mendengar. Anda akan segera merasakan tendangan dan kepakan jika Anda belum melakukannya.

Hamil 14 minggu
Fitur kecil bayi Anda membuat ekspresi yang berbeda. Dan Anda mungkin merasa lebih energik dan tidak terlalu mual.

15 minggu hamil
Bayi Anda dapat merasakan cahaya dan membentuk perasa. Hidung tersumbat? Ini adalah efek samping kehamilan yang mengejutkan.

Hamil 16 minggu
Bersiap untuk percepatan pertumbuhan. Dalam beberapa minggu ke depan, bayi Anda akan menggandakan beratnya dan menambah inci panjangnya.

17 minggu hamil
Kerangka bayi Anda berubah dari tulang rawan lunak menjadi tulang, dan tali pusat tumbuh lebih kuat dan lebih tebal.

Hamil 18 minggu
Alat kelamin bayi Anda cukup berkembang untuk dilihat dengan USG. Lapar? Peningkatan nafsu makan sudah normal sekarang.

Hamil 19 minggu
Maju dan bernyanyi: Bayi Anda mungkin dapat mendengar Anda! Dan jika sisi tubuh Anda sakit, itu bisa berupa nyeri ligamen bulat.

Hamil 20 minggu
Selamat, Anda berada di tengah jalan dalam kehamilan Anda! Bayi Anda lebih banyak menelan sekarang dan memproduksi meconium.

Hamil 21 minggu
Merasa bayi Anda bergerak? Flutters awal itu akan berubah menjadi tendangan penuh. Fakta keren: Dia punya alis sekarang!

Hamil 22 minggu
Bayi Anda mulai terlihat seperti bayi baru lahir mini. Dan perut Anda yang sedang tumbuh mungkin berubah menjadi magnet tangan.

Hamil 23 minggu
Saat Anda bepergian, bayi Anda dapat merasakan gerakannya. Segera, Anda mungkin melihat pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki Anda.

Hamil 24 minggu
Bayi Anda panjang dan ramping, seperti telinga jagung. Dan rahim Anda yang tumbuh sekarang seukuran bola sepak.

Hamil 25 minggu
Si kecil Anda mulai menambah sedikit lemak bayi dan menumbuhkan lebih banyak rambut. Rambut Anda mungkin terlihat sangat berkilau juga.

Hamil 26 minggu
Bayi Anda menghirup dan mengeluarkan sedikit cairan ketuban, yang merupakan praktik yang baik untuk bernafas.

Hamil 27 minggu
Merasa geli? Mungkin bayi Anda cegukan. Dia juga membuka dan menutup matanya dan bahkan mengisap jari-jarinya.

Trimester Ketiga

Berat bayi sekitar 2 1/4 pon pada awal trimester ketiga. Mereka bisa mengedipkan mata mereka, yang sekarang olahraga bulu mata. Dan kulit mereka yang keriput mulai melembut saat mereka memakai lemak bayi. Mereka juga mengembangkan kuku, kuku kaki, dan rambut asli (atau setidaknya beberapa persik), dan menambahkan miliaran neuron ke otak mereka. Bayi Anda yang sedang mekar akan menghabiskan minggu-minggu terakhirnya dengan berat badan bertambah. Pada periode penuh, rata-rata bayi memiliki panjang lebih dari 19 inci dan beratnya hampir 7 pound.

Hamil 28 minggu
Selamat datang di trimester terakhir Anda! Mata bayi Anda yang sedang berkembang mungkin bisa melihat cahaya masuk melalui rahim Anda.

\Hamil 29 minggu
Otot dan paru-paru bayi Anda terus matang, dan kepalanya tumbuh untuk memberikan ruang bagi otaknya yang sedang berkembang.

Hamil 30 minggu
Bayi Anda sekarang memiliki berat hampir 3 kilogram. Sementara itu, Anda mungkin berjuang melawan perubahan suasana hati, kecanggungan, dan kelelahan.

Hamil 31 minggu
Tendangan kuat bayi Anda mungkin membuat Anda terjaga di malam hari - dan Anda mungkin merasakan kontraksi Braxton Hicks juga.

Hamil 32 minggu
Bayi Anda bertambah besar! Sementara itu, rahim yang membesar dapat menyebabkan mulas dan napas pendek.

Hamil 33 minggu
Dengan bayi Anda yang sekarang beratnya sedikit di atas 4 pound, Anda mungkin sedang melenggang - dan kesulitan mendapatkan kenyamanan di tempat tidur.

34 minggu hamil
Sistem saraf pusat dan paru-paru bayi Anda sudah matang, dan pusing dan kelelahan mungkin memperlambat Anda.

Hamil 35 minggu
Bayi Anda terlalu pas dalam rahim Anda untuk melakukan jungkir balik, tetapi Anda masih akan merasa sering - jika kurang dramatis - gerakan.

Hamil 36 minggu
Bayi Anda mendapatkan sekitar satu ons sehari. Anda mungkin merasakannya "jatuh" ke dalam panggul saat Anda mendekati tanggal jatuh tempo.

Hamil 37 minggu
Otak dan paru-paru bayi Anda terus menjadi dewasa. Anda mungkin mengalami lebih banyak keputihan dan kontraksi sesekali.

Hamil 38 minggu
Bayi Anda memiliki genggaman yang kuat, yang akan segera dapat Anda uji secara langsung! Sementara itu, waspadai tanda-tanda preeklampsia.

Hamil 39 minggu
Bayi Anda cukup bulan ini dan menunggu untuk menyambut dunia! Jika air Anda pecah, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Hamil 40 minggu
Bayi Anda seukuran labu kecil! Jangan khawatir jika Anda masih hamil - itu biasa melewati tanggal jatuh tempo Anda.

Hamil 41 minggu
Betapa pun nyamannya dia, bayi Anda tidak bisa tinggal lebih lama di dalam diri Anda. Anda akan melahirkan atau diinduksi segera.


0 comments: